jump to navigation

POWER of SUCCESS “Lets try POWER it” November 19, 2009

Posted by levamentum in Belajar.
Tags: , , , ,
trackback

Setiap orang mempunyai gayanya masing-masing dalam mempresentasikan suatu materi dengan tujuan orang yang memperhatikan dan mendengarkan tidak merasa bosan dan akan selalu antusias mendengarkan apa yang disampaikan oleh si pembicara. Slide presentasi hanyalah tools namun yang terpenting adalah bagaimana audiens memperhatikan dan mendengarkan si pembicara sampai akhir presentasi. Kalau slide yang menjadi fokus dalam presentasi maka kita tidak perlu pembicara cukup berikan saja slidenya begitu kasarannya. Di sisi lain kadang audiens juga membutuhkan visual presentasi yang menarik dan ini tidak hanya dari si pembicara…dari sudut pandang fisik (tampan/cantik, rapi, manis, cool, trendi, dan suara yang khas) namun visual juga berasal dari slide yang ditampilkan apakah menarik. Kalau slide presentasi hanya menampilkan teks yang begitu panjang maka kita bisa lihat bagaimana reaksi dari gerak tubuh audiens. Presentasi teks bisa saja dibuat sangat menarik namun biasanya tidak panjang melainkan hanya menampilkan gagasan atau ide yang ditulis dalam teks tersebut. berdasarkan kedua faktor tersebut yaitu pembicara dan materi maka ada dua metode yang digunakan yaitu POWER sebagai bekal pembicara untuk menyampaikan meteri dan yang kedua SUCCESS sebagai bekal untuk materi sehingga menarik untuk diperhatikan dan biasanya isinya di kritisi.

Metode POWER of SUCCESS untuk pertama kalinya di kembangkan oleh Pak Agus Nggermanto yang juga merupakan pendiri APIQ QUANTUM dan juga pengarang buku Quantum Quotient: Cara Praktis Melejitkan IQ, EQ, dan SQ yang Harmonis, SEPIA: Lima Kecerdasan Utama untuk Meraih Bahagia dan Sukses, dan masih banyak lagi karya beliau namun untuk yang POWER of SUCCESS sepertinya belum diterbitkan oleh beliau🙂 kalau tidak salah judul buku nya nanti Presentasi Inspiratif dan Akselerasi Angger. Wah jadinya saya malah sudah membocorkan sebagian isinya buku yang akan diterbitkan nih he he he…jadi tim sukses nih. Paling tidak saya mensarikan apa yang pernah beliau ajarkan ke saya, seperti apa yang pernah di ucapkan oleh Mas Sufyan Muhammad waktu di akhir presentasi pada saat sharing pengalaman menulis beliau karena Mas Sufyan ini merupakan jurnalis ICT di Bisnis Indonesia dan juga pengrang buku Blackberry for Everyone

Verba Volant, Scripta Manent

Spoken words fly away, written words remain

Kembali ke POWER of SUCCESS, dengan tema “lets try POWER it” saya ingin mengajak untuk mengenal lebih dekat POWER sebelum SUCCESS karena inilah rohnya dari presentasi dan ini akan melekat kepada si pembicara. POWER merupakan singkatan dari

  • Punch, ini merupakan cara yang digunakan untuk pembukaan, pertengahan, maupun di akhir presentasi dengan tujuan membangkitkan semangat audiens agar terus fokus terhadap pembicara dan materi yang disampaikan.
  • Oneness, ini merupakan cara yang digunakan oleh si pembicara untuk menyampaikan keseluruhan materi yang disampaikan dengan adanya benang merah dari setiap pembicaraan yang disampaikan.
  • Window, ini merupakan cara dalam menyampaikan materi agar lebih hidup sehingga memunculkan topik bagi audiens untuk ikut dalam materi tersebut.
  • Ear, ini merupakan cara yang digunakan si pembicara untuk memahami audiens baik itu komentar yang disampaikan maupun pertanyaan yang akan dilontarkan.
  • Retention, ini merupakan cara yang digunakan pembicara untuk mengingatkan audiens dari keseluruhan materi yang sudah disampaikan dan ini biasanya bisa menjadi oleh-oleh bagi si audiens untuk bisa menyampikannya kembali kepada orang lain dengan poin-poin penting yang telah disampaikan, jadi ini bisa merupakan salah satu ukuran keberhasilan presenter dalam mensarikan seluruh presentasi yang telah disampaikan.

Masing-masing komponen POWER akan dijelaskan lebih rinci bagaimana melakukannya…(bersambung).

Comments»

1. rayyan - December 30, 2009

Ditunggu sambungannya he he🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: