jump to navigation

Urgent vs Important ; Need vs Want February 6, 2009

Posted by levamentum in Belajar.
Tags:
trackback

The first requisite of success is the ability to apply your physical and mental energies to one problem without growing weary. – Thomas Edison

Saya ingin proyek ini diselesaikan dengan cepat agar klien puas. Saya butuh kendaraan untuk ke kantor agar datang tepat waktu. Saya butuh proposal ini diselesaikan oleh anda secepatnya agar besok saya bisa presentasikan ke klien. Saya butuh laporan ini di meja saya besok pagi. Saya ingin sistem ini punya fitur A sampai Z. Begitu banyak keinginan dan kebutuhan baik itu yang segera maupun penting, namun apa sebenarnya yang harus diprioritaskan terlebih dahulu.

Kita selalu pasti dihadapkan ke persoalan ini, begitu banyak pekerjaan namun mana yang lebih dulu harus diselesaikan sehingga kita dapat fokus menyelesaikan pekerjaan dan fisik maupun mental kita tidak cepat lelah. Suatu pekerjaan bisa saja menjadi “important” dan bahkan bisa menjadi “urgent” lalu apa hubungannya dengan “need” dan “want”. Mengenai “need” dan “want” terlebih dahulu, kadang kita sulit membedakan antara keduanya begitu juga saya dulu, “need” sudah pasti “urgent” sedangkan “want” belum tentu “urgent” tapi dia “important” jadi kalau kita sudah bisa menyimak sebuah pernyataan dari orang lain mana yang “need” dan mana yang “want” maka kita selanjutnya bisa memahami mana yang “urgent” dan mana yang “important”.

Seperti pernyataan di atas terakhir yaitu Saya ingin sistem ini punya fitur A sampai Z namun apa sebenarnya yang dibutuhkan belum tentu A sampai Z. Operating system yang kita gunakan semua servicenya dijalankan namun sebenarnya dari semua service kita hanya butuh service yang benar-benar kita butuhkan sehingga bisa menghemat memory, sekali lagi semua service “important” tapi mana yang “urgent”. Dengan memahami mana yang “urgent” dan “important” kita bisa mengoptimalkan energi kita baik fisik dan mental sehingga bisa lebih produktif dalam bekerja. Kalau sebagai pemegang keuangan keluarga maka bisa menghemat pengeluaran.  Dalam bukunya Brian Tracy yaitu “Focal Pont” salah satu untuk meningkatkan produktivitas dan mencapai tujuan yang ingin dicapai adalah dengan memahami mana yang “urgent” dan mana yang “important” dengan membuat matriks seperti di bawah ini.

urgent-vs-importantMari kita sama-sama mencobanya!!!

Comments»

1. Rayyan Sugangga - February 6, 2009

Mencari istri ada di kolom important dan urgent😛

2. Fsj - February 19, 2009

Good job !!!

3. jusuf fadilah - March 17, 2009

aduh…bahasanya berat baget sih bang!!!!?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: